martes, 12 de febrero de 2019

Data besar dalam hidup: Dari Megabytes ke Zetabytes, jalur yang dipercepat.


Data besar dalam hidup: Dari Megabytes ke Zetabytes, jalur yang dipercepat.

Untuk memiliki gagasan tentang apa arti satuan pengukuran di dunia digital, saya akan mengambil sebagai unit praktis pengukuran buku, "Pengantar Praktik Statistik" (Mccabe, Moore dan Craig, Edisi Keenam, 2009, 1100 halaman) dengan berat digital 20 Megabytes (20 Mb)

Perpustakaan Kongres Amerika Serikat memiliki sekitar 36,5 juta buku. Jika untuk kesederhanaan kami mengasumsikan bahwa setiap buku memiliki 20 Mb, maka nilai digital akan menjadi 73 juta Mb.

Kapasitas untuk menghasilkan data dalam semua format tumbuh secara eksponensial, spesialis di bidang ini terus menciptakan unit pengukuran. Tabel menunjukkan bagian dari Mb ke Gigabyte (1024 Mb), ke Terabyte (1024 Gb), dan seterusnya. Tabel muncul hingga Geopbyte.

Sudah ada monster (mengingat dinosaurus) Brontobyte = 1024 x 1024 x Zb. Dan karena Anda tidak dapat membuat Dinobyte (untuk menghormati Tyrannosaurus rex) setara dengan 1024 x 1024 x Bb. Apakah kepala Anda sakit? Saya juga.



Untuk membawanya ke skala manusia yang dapat dimengerti dan dibayangkan, kami telah mengonversi konten digital dari Perpustakaan Kongres: Satu Terabyte (Tb) hanya 0,1% dari isi Perpustakaan, tetapi satu Petabyte (Pb) sudah 1,47 kali Perpustakaan. Perpustakaan semua pusat penelitian, universitas, dan perusahaan di Amerika Serikat setara dengan 2 petabyte. Di Peru, mengingat ada universitas dengan hanya 200 buku, jumlah perpustakaan universitas, termasuk Perpustakaan Nasional dan semua perpustakaan umum, dapat mencapai 2% atau 3% dari satu petabyte.




Untuk 205, data yang tersedia akan diukur dalam Zetabytes (Zb) dan diperkirakan akan ada 175 Zb. Jika hari ini, ZB sama dengan satu setengah juta Perpustakaan Kongres, berapakah nilai dari 175 Zb ini?


No hay comentarios:

Publicar un comentario

Nota: solo los miembros de este blog pueden publicar comentarios.