domingo, 24 de febrero de 2019

Ketika kenyataan tidak dapat dijelaskan, dapatkah kita mengubah teori atau alat analisis?


Ketika kenyataan tidak dapat dijelaskan, dapatkah kita mengubah teori atau alat analisis?


Dalam Matematika istilah khusus, invarian, digunakan. Apa itu invarian? Dalam istilah yang paling sederhana, invarian adalah sesuatu yang tidak berubah. Invarian adalah properti yang sangat kuat yang memungkinkan untuk mengatasi masalah dengan permainan, warna, simetri, paritas, induksi. Masalah invarian menghadirkan banyak bentuk, hal yang paling sulit adalah mengenalinya.

Dalam pemrograman berorientasi objek dan pemrograman fungsional, "objek tidak berubah" adalah objek yang kondisinya tidak dapat diubah begitu dibuat. Suatu objek dapat dianggap tidak berubah, meskipun beberapa atribut internalnya berubah, selama keadaan objek tampaknya tidak berubah dari sudut pandang eksternal. Objek yang tidak dapat berubah berguna karena mereka aman di lingkungan yang banyak dan kompleks; mereka juga mudah dimengerti dan mudah untuk berpikir tentang mereka; selain menawarkan keamanan yang lebih besar daripada objek yang bisa berubah.

Dalam kehidupan nyata, dalam bisnis, di bidang penelitian ilmiah, di bidang apa pun, data dihasilkan yang harus dianalisis untuk membuat keputusan. Data disusun atau didistribusikan sehingga kesimpulan dan jawaban tentang konten dan makna dapat diperoleh. Distribusi yang paling umum adalah Kurva Distribusi Normal, kurva berbentuk lonceng simetris yang berisi total data yang terdistribusi secara merata di kedua sisi dari tiga nilai inti (median, dan mode). Untuk populasi, parameter yang disebut standar deviasi menentukan berapa jarak dari pusat nilai-nilai lain yang ditemukan. Dalam kurva, area adalah probabilitas yang dihitung antara nilai yang dipilih.

Ketika distribusi nyata tidak normal, tetapi persyaratan tertentu seperti Teorema Batas Pusat terpenuhi, dimungkinkan untuk memperkirakan atau menyesuaikan distribusi menuju normal. Dalam arti tertentu, apakah distribusi normal seperti invarian? Secara harfiah, semuanya bisa dijelaskan dengan aturannya.


Di dunia sekarang ini, teknologi secara eksponensial melipatgandakan kapasitas untuk menghasilkan data. Satu dekade lalu, satu megabyte sangat besar. Hari ini hampir tidak sama dengan konten foto resolusi tinggi. Kami sudah berada di era petabyte, nama telah ditentukan untuk unit baru. Brontobyte (mengingat brontosauria?) Masih tidak digunakan. Apakah kurva normal akan mengikuti tahtanya, atau harus diubah?

Apakah mungkin? "Kurva normal brontosaurus" adalah aneh, tidak biasa, jarang, tak terduga, anomali, abnormal, tidak biasa, aneh, jarang, luar biasa, tunggal, tetapi bukankah itu juga dunia? Satu contoh: Pasangan yang pergi makan siang, tidak saling memandang atau melihat apa yang mereka makan; teman-teman yang sedang rapat dan tidak ada yang tahu bagaimana teman yang duduk di sebelahnya berpakaian karena mereka asyik dengan mainan; orang-orang yang berjalan di jalan dan membutuhkan tongkat pintar seperti orang buta untuk menghindari menabrak orang atau dinding. Segala sesuatu yang tampak seperti imajinasi yang berlebihan di masa lalu, adalah rutin hari ini.





No hay comentarios:

Publicar un comentario

Nota: solo los miembros de este blog pueden publicar comentarios.